Saturday, March 22, 2008

[4] after before

weekend ini, adalah weekend terpanjang..hiihii
karena dari hari kamis libur, jadilah aku pulang ke jakarta hari rabu. setelah praktikum yang bisa dibilang ancur, dan perasaan yang udah kacau balau karena mendengar kabar-kabar yang mengejutkan ditambah mood yg emang lagi down. kayaknya suasana ini mendukung banget buat pulang ke kemuning. seenggaknya ktemu mereka. keluargakuu. daaaan, bener aja.. akhirnya karena maceeet banget baru sampe jakarta jam 8 pm padahal dari bdg jam 5 kurang 15. ga bw apa2 tuh ke jkt, bener2 ga ada persiapan bawa baju,sabun dsb,,cuma bawa tas dan map pokoknya bener2 potongan setelah kuliah dan praktikum laah. huhu. sampe jkt, nunggu dijemput dulu di dalem kantor travelnya. banyak banget yang mau ke bandung malem itu. travel penuh ampe jam 10 malem. wah wah. orang2 juga spertinya butuh penyegaran..
setelah beberapa menit menunggu, akhirnya si peri kecil bochy muncul dengan wajah bersinarnya. dan ngeliat si bochy gembira karena kakak kesayangannya(:p) ini pulang.. ada perasaan lega, damai. hmm..ini kata-kata pertama dia waktu ketemu aku..
"mba wulaan.. aku punya hadiah."
"oyaa? apa tuuh?"
"lihat aja nanti di mobil.." kata si bochy.
padahal ulang tahunku udah bulan desember kemaren..tapi gapapa deh..si bochy memang anak yang lucu..apalagi negliat hadiah yang dia kasih buat aku. sebiji bolpen warna birumuda dan sebatang penghapus monokurobo..yang bisa dibilang ga sberapa. tapi yang aku lihat bukan apa hadiahnya, melainkan keinginan dia untuk ngasih aku hadiah dengan menyisakan uang jajannya dia yang pastinya ga banyak. mungkin waktu itu harus nahan laper waktu istirahat sekolah. demi beliin aku hadiah..aku terharuuuuu. uuuhh bochyku sayang..dan tumben2an yg jemput di mobil serombongan. bareng adek2 yang lain juga.. ternyata mamski mau ngajak makan diluar tooh..hehe. senangnyaa..makan ga usah bayar :p

selama 2 hari lebih di rumah, aku bener2 pake waktu nya buat istirahat. beres2 rumah bantu mama. ngobrol2 sama mama. main2 sama adek2.. hal hal yang sbenernya bisa aku lakuin setiap hari..tapi karena aku menuntut ilmu di kota lain ..jadi aku kehilangan kesempatan itu deeh. =(
hihi.
pelan2 mood ku pun kembali normal. yaah. aku sudah di charge..di rumah...
waktu lagi santai-santai membaca sebuah selebaran..aku bener2 tersadar.
selebaran itu berjudul 'nasihat Imam Gozali'..
dalam selebaran itu dikisahkan beliau sedang memberi pengajaran kepada anak muridnya dan beliau menyampaikan beberapa hal yaitu:
  1. Imam Gozali bertanya pada muridnya, apa yang paling tajam di dunia ini. muridnya serentak menjawab : pedang!. lalu imam gozali pun berkata..itu benar..namun yang paling tajam di dunia ini adalah lidah manusia karena ia dapat membuat hati manusia lain merasa sakit, terusuk, robek krn perkataannya.
  2. Lalu, Imam Gozali bertanya lagi apa yang paling berat di dunia ini. muridnya menjawab besi, baja dan sebagainya. Imam Gozali berkata itu juga benar anakku. Tapi sesungguhnya yang paling berat di dunia ini adalah menjaga amanah.
  3. Imam Gozali melanjutkan pertanyaannya, apa yang paling ringan di dunia ini? murid-muridnya menjawab kapas, debu. Namun Imam Gozali berkata bahwa yang paling ringan adalah meninggalkan shalat.
  4. Kemudian Imam Gozali bertanya lagi kepada muridnya. Apa yang paling dekat dengan mu? Murid-muridnya ada yang menjawab teman, ayah, ibu, saudara. Imam Gozali berkata iya benar. Tetapi sesungguhnya yang paling dekat dengan mu adalah kematian.
  5. Terakhir, Imam Gozali bertanya kepada muridnya. Apa yang paling jauh darimu..dan Imam Gozali membetulkan jawaban-jawaban muridnya..bahwa yang paling jauh dari kita sebenarnya adalah masa lalu.


hmm,,dari sebuah selebaran tersebut ,terutama yang poin terakhir,aku mulai berpikir..
oh. rupanya sudah takdir aku membaca selebaran itu, seperti 'ditegur' oleh Allah... terlalu memikirkan masalalu ku. seindah atau semenyakitkan apapun. yang namanya masa lalu ga akan pernah kembali. ga akan. dan itu bener-bener membuat aku jadi lagi-lagi sadar bahwa..
aku terlalu tenggelam dengan masa lalu. ga ada gunanya. ia tak akan mendekat dengan kita.. bagaimanapun caranya.. Aku jadi semangat lagi!!
mulai sekarang aku harus cepat bangkit kalau terjatuh..aku harus fokus sama masa depan. menjalani hari ini dengan sepenuh hati. dengan ikhlas. aku ga boleh lagi mengharapkan masa laluku. biarkan ia terbawa masa pergi menjauh dan semakin jauh. tapi aku tetap disini. dan melanjutkan hidupku.

kata temanku yang sangat aku sayangi, yang selalu memberikan kata-kata penyemangat buatku..mira.. dia juga bilang bahwa semua itu indah pada waktunya. bahwa kita harus sabar. bahwa memang kita pasti akan mengalami bahagianya kita. pada waktu yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa.

sepertinya memang aku harus bener-bener move on.
berjuang. merasakan sari pati hidup. keluar dari zona kenyamanan.
dan karena itulah hidup..hhhh,,,
bisakah aku?
hope so!

*lalalalala...ayoo Ra.....semangat belajar buat UTS!! hahaha!*

No comments: