Sunday, December 13, 2009

living in jakarta or bandung?

dulu, waktu tinggal di jakarta,aku merasa sangat bersyukur, karena apa yg aku dapet disana itu super! tinggal di ibukota dengan segala fasilitas dan persaingan yang super ketat bikin aku semakin semangat untuk hidup.

tapi setelah udah pernah merasakan tinggal di bandung, yang notabene kota kelahiranku ini, aku merasa cinta. yap. aku jatuh cinta sama kota ini. aku suka kota ini. coba kalo ga macet dan angkot2 di kota ini tertib. wow.

perbedaan tinggal di bandung dan di jakarta itu sangat signifikan. apalagi saat kita bicara tentang waktu. 24 jam sehari itu benar-benar kerasa saat aku di bandung. gak waktu di jakarta. gak dengan perjalanan di jalanan jakarta itu sama aja kayak perjalanan dari bandung ke jakarta. huahhhhhhh bisa gila. jujur aja,kalo udah di jakarta aku jadi males kemana2, maunya di rumah aja. gak punya mobil. harus naik angkutan umum. apalagi kalo naik bus. panasnya udaranya. gak nyaman. polusi berlebihan bgt. capek bgt dehh. aku inget, waktu itu pas janjian mau pergi bareng temen naik bus, temenku sampe bawa baju cadangan. karena dia udah tau baju yg dia pake waktu transport itu bakal basah kena keringet dan gak fresh lagi deh diaa. gila gak. transport dalem kota aja sampe selebay itu.

mobil jakarta itu berlebihan bgt. harusnya pemda jakarta tuh menetapkan, yg boleh pny mobil di jakarta itu harus dibatasin maksimal 2 buah. itu udah maksimal bgt. konsentrasi pemerintah jakarta ngebenahin sistem transportasi umum di jakarta. liat aja transjakarta udah kayak apa kalo lagi jam pulang kantor. hahhhh. pernah dong wkt pas mau libur idul adha, perjalanan dari bandung sampe ke rumah tuh sekitas 5 jam!!!!

yaampun udah bisa ke medan deh itu naik pesawat trus ke danau toba. waktu itu berharga banget. sangat berharga. kalau harus ngabisin waktu di jalan raya cuman demi macet2an itu mubazir banget gak sih? buat yg biasa disupirin, kebayang ga sih apa rasanya supir jakarta? mereka mustinya gajinya sebesar manajer lah. beban kerjanya samaa gitu. menghadapi macet jakarta setiap hari. hoho

makanya, sebenernya aku pingin banget tinggal di bandung. meskipun macet jugaa. tapi seenggaknya disini waktu ku gak habis terbuang percuma di jalan raya.selebay di jakartaa.. hmm, kapan yaa pemerintah mau tegas mengurus masalah transportasi dalam kota nih? kalo kayak gini terus, 10 tahun lagi mau kayak apa jalanan? lama2, gw hidup dalam sebuah plaza di pinggir2 kota ajaa deh disitu ada apartemen, ada toko, ada sekolah, ada tempat les, ada mall, ada restoran, ada tempat rekreasi, ada pelayanan publik. jadi misalnya dari plaza itu mau ke pusat kota tuh ibarat jalan2 rekreasi ke puncak. gila gak tuh...

ada yang punya ide, gimana bagusnya sistem transport dalam kota jakarta?
atau pemerintah harusnya bikin satu mentri sendiri mengurusi masalah ini?
"sistem transportasi dalam kota jakarta"

heuh.

2 comments:

inandira said...

samaaa! setelah ngerasain surabaya, bandung, banjarmasin, pontianak, jakarta, dan depok, gue paling jatuh cinta sama Bandung! gue pengen banget selamanya tinggal di Bandung! Membangun kehidupan dan keluarga gue nanti di kota ini. aaaammmmiiiiin!

iraa said...

hehehe iyaa yaa naa? sedih dee bentar lagi aku akan meninggalkan kota kenangan inii.. :'(