Sunday, August 30, 2009

attorney, defendant in criminalities

Aku baru terpikir oleh satu kalimat yang kudengar,
setiap kriminal mempunyai motif untuk melakukan kejahatannya.
Itulah mengapa ada jaksa penuntut umum dan jaksa pembela
masing-masing dengan tugasnya,
saling membela dan saling mengumpulkan bukti

karena untuk bisa memutuskan seseorang manusia itu bersalah atau tidak di depan hukum manusia, haruslah seseorang yang memiliki rasa kemanusiaan juga. seseorang manusia.

dari dulu, buat ku hukum adalah sesuatu yang sangat berat.
sejak aku tahu, seperti apa pengadilan itu, meskipun hanya lewat tivi, tapi aku sudah bisa merasakannya bahwa sebenarnya menjebloskan seseorang ke dalam penjara atau membebaskan seseorang yang telah melakukan tindak kriminal merupakan sebuah hal yang sangat kompleks.
motif seseorang dapat bermacam-macam dan mungkin kita ga akan pernah tau, apa motif sebenarnya dalam hati orang itu.

buat aku, kejahatan yang tingkatannya paling tinggi adalah membunuh. membunuh dengan tangannya sendiri. tapi..
mungkin aku salah. aku rasa, ada yang jauh lebih jahat daripada itu.
membunuh dengan memanfaatkan orang lain sebagai tangannya lebih kejam lagi.
seorang pembunuh bayaran mungkin sudah tidak punya hati lagi.
tapi orang yang menyewa pembunuh bayaran, dia lebih tidak punya hati lagi.

tapi ini semua bisa sebaliknya ketika kita mengetahui background dari sang kriminal.
apa alasan dia melakukan hal itu.
mengapa bisa sampai seperti itu.

tapi apapun alasannya, manusia itu bukan Tuhan kan?
meskipun sedang terdesak atau membela diri sendiri,
manusia itu bukan Tuhan yang bisa mencabut nyawa orang lain seenaknya..
manusia juga tidak berhak untuk mencabut nyawanya sendiri..

5 comments:

iraa said...
This comment has been removed by the author.
iraa said...

nothing nad. it is just my thoughts. why?
surprised with this??

Prilla P said...

iya ra, kok tiba2....?? hehehe... kok tiba2 mikir soal ini ra? ada apa gerangan?

iraa said...

hehehe. ga nyangka ya pril?
hehehe.. sebenernya sih ini udah lama gw pikirin, tapi semakin jadi tambah gw pikirin abis gw menonton drama nya takuya kimura. hehehe

iraa said...

sora kara fuku ichizoku aka
one million stars falling from the sky aka
the smile has left your eyes