Friday, November 5, 2010

doing nothing

dulu aku pernah mikir, apa ya hal yang paling bikin aku senang? tenang.. pokoknya kegiatan yang memberikan kedamaian lah buatku.. lalu aku berpikir. kegiatan tersebut adalah doing nothing. aka nganggur.. gak ngapa2in. HA.. nganggur disini bukan berarti beneran bengong. hanya melakukan sesuatu yang ga jelas.. yang ga make otak keras.. yang suka suka deh pokoknya..

tadinya.. aku pikir ketika orang sedang doing nothing, itu adalah masa-masa terbaik mereka..
meeen salah besar! okee, jadi gini yaa ceritanyaa.. sekaran

g setelah lulus dari kuliah, aku belom dapet kerjaan. 
KENAPA? karena belom ada yg manggil.. 
KOK BISA? ya mana gw tau.. tanya aja sama orang kantor itu.. 
JADI KAMU NGAPAIN DONG? gak ngapa-ngapainn.. cuman main internet, nonton tv, baca novel, nonton dvd, bahkan jalan ke mol pun engga.. beneran di rumah doang deh pokoknya.
EMANG GA BOSEN? parah.. bosen gila..

ternyataaa, buat seseorang yang sudah terbiasa mengerjakan sesuatu dengan tekanan. berada dalam keadaan stress. lalu tiba-tiba dihilangkan lah stress itu.. lama-lama, itu akan menjadi bentuk stress yang berbeda.

contohnya aku ini. terbiasa kuliah, sekolah, selalu ada target, ada tugas, ada kegiatan baik akademis maupun non akademis. begitu udah ga sekolah lagi.. awal-awal berasa surga.. lama-lama ga tahan juga. :(

aku pingin melakukan sesuatu, tapi terlalu malas melakukan itu sendirian.. ternyata gak enak juga ya gak bersosialisasi. meskipun ada ym, twitter, plurk, facebook.. tetep aja itu ga bisa ngegantiin ketemuan langsung.. ga bisa. itu beda. saat ketemuan langsung sama temen, ngobrol, ketawa-ketawa, stress karena ngerjain sesuatu, atau apapun.. itulah saat-saat ku berasa hidup. yaa.. HIDUP.. 

aku sekarang sedang merasa koma. aku ga suka keadaan kayak gini. aku ingin segera melakukan sesuatu.. aku ingin punya tekanan itu lagi.. aku ingin punya target itu lagi.. aku ingin bisa mencuri waktu buat nonton dvd, nulis atau apapun itu di sela-sela kesibukan yang ga ada hubungannya sama hal itu. 

ada buku yang bagus banget buat dibaca untuk kita-kita.. buku yang dibuat oleh career coach om Rene Suhardono. 
here are the books

dalam buku itu, om Rene mengatakan bahwa passion is not what you good at.. its what you enjoy the most. DAMN.. itu langsung agak sedikit menamparku. karena kupikir tadinya passion itu sesuatu yang kita kerjain, kita suka, dan kita bagus di dalamnya..ternyata ga usah harus seribet itu. simply just what you enjoy the most. nah ini nih.. aku jadi tambah bingung, jadi passion ku apaa?

what i am enjoy at? banyak banget.. nonton, nulis-nulis, daydreaming, foods, using my creative side to solve something.. aduuh banyak deh pokoknya.. tapi diantara itu semua, apa yang paling aku enjoy? nahh ini yang aku ga tau.. aku nih jadi kayak anak abege lagi, mencari jati diri. haha. malah dulu waktu abege berasa sok sok udah nemuin jati diri. tapi sekarang berasa lost.. ga ngerti apa ya kesukaanku.

sama halnya dengan ketika melamar pekerjaan via online, lalu ditanya tentang posisi apa yang diminati atau yang paling kamu suka. well, itu agak aneh. pertama, kita belom punya pengalaman dimana-mana trus langsung ditanya sukanya posisi apa.. harusnya mereka tau dong kalo apa yang kita omongin itu bakalan ngemeng doang nantinya..

haduuuuh, ngomong apa si aku ini. aku sebenernya cuman pingin berbagi kesenduan, kegalauan akibat doing nothing.. sesuatu yg tadinya kuanggap adalah sesuatu yang akan menyenangkan.. ternyata tidak.. Hidup itu butuh adrenalin.. karena saat-saat kita mengeluarkan adrenalin lah saat dimana kita berasa hidup. 

semogaa, secepatnya aku bisa merasakan itu semua lagi dalam bentuk yang berbeda..


5 comments:

Lucky dc said...

Meeen bener bangat... Gw sering denger om Reneh Suhardono di acara career coachnya iraaa,, ya di Hard Rock FM Jakarta 87,6 FM hahhaha Hardrockeeerassszzz...
Wah ra banyak hal yang belom gw tahu tantang passion eh dia ngomong panjang lebar,,coba deh denger acaranya ra gw lupa hari apa,,trus ada lagi sama mba Likuina Hananto dia ini financial planner seru deh ra. Tetep Smangat, Berusaha, dan Berdoa ra :-)

iraa said...

iyaa lucky, acaranya jam berapa siih hardrockeeerrzzzz????? hhahaha
mba likuina hananto ini jadi salah satu rockstar di buku nya om rene. keren2 bgt yaa mereka..
*mupeng mode on*

Lucky dc said...

Acaranya itu tiap sore klo gak salah ra jam 4, 5 atau 6 sore deh ahaha gw lupa... Sejak di Bandung gak pernah denger Hard Rock FM Jakarta nih.. Klo di Bandung penyiarnya sok2 asikk gtu, jadi kurang aja feelnya ra jadi gak denger Hard Rock Fm Bandung dehhh,... heheheh :-)

Anonymous said...

gw suka baca nama itu di twitter deh. dan pernah liat beliau juga di Kick Andy. tapi kayaknya gw ga bakal tahan buat baca bukunya hehe..

ira cari part-time dulu aja sekalian nungguin kerja beneran nya :)
di jakarta kan lebih banyak lowongan daripada di bandung..

semangat raa!

iraa said...

@nadski bukunya om rene itu kertasnya bagus (ini udah bikin minat menelisik buku paling awal),
banyak gambar2nya dan warna2nya (bikin gw tambah seneng bacanya..

bahasanya ga formal banget, tapi tetep profesional..

pasti tahan kok bacanyaa nad hehehe