Tuesday, June 10, 2008

[8] true love

waktu lagi seperti ini, sendirian..
pasti kita suka mikir macem2.. beberapa orang mikir yg aneh2.. beberapa orang mikir yg enggak2..beberapa orang mikir in pacarnya. atau keluarganya. atau temennya.
aku bingung banget. kenapa sampe sekarang aku ga bisa berehenti mikirin tentang sesuatu ini,,,
sesuatu yang basi, atau mungkin buat sebagian orang terlalu mellow, atau gak real, atau.. yah semacam itulah.
sesuatu yg namanya a true love.
perlu waktu yang banyak buat mikirin Operation Reserach, atau statistika industri.. biar nilai ujiannya ga jelek.. tapi aku malah lebih sering menghabiskan waktu buat mikirin true love kalo lagi sendirian. sial. kenapa sih? well.. banyak banget yang udah berputar2 di otak tentang definisi true love. some people just simply said that is no true love. some people said ur first love is ur true love. others said that they dont even know what love is.. haha. semua definisi itu terus aja terngiang-ngiang kalo aku lagi mikirin tentang hal ini.. kalo lagi sendirian.. sampai..
mungkin aku bisa bilang sekarang..
I DO BELIEVE IN TRUE LOVE!

kembali lagi. ini tentang my parents. the greatest parents ever. so.. aku tahu apa yang terjadi di antara mereka. semenjak SMP.. aku udah jadi "buku curhat" nya mama. sampe sekarang.. yah kenapa buku curhat? karena buku kan ga bakal bisa curhat balik ke kita.. hehe.. yahh serem aja tuh buku curhat kalo dia curhat balik ke kita. mama sering cerita ke aku.. tapi aku jarang cerita ke mama.. hmmm.. cuma beberapa hal aja yang aku critain ke dia.. jadi, aku tau banget gimana perasaan mama.. yahh. yang namanya hidup kan ga selalu hepii terus y. adalah saat-saat dimana aku mulai sadar, saat waktu aku masih SMP, bahwa dunia ini ga seindah fairy tale kesukaanku waktu kecil.. bahwa hidup ini keras, dan memang kadang2 lebih kejam daripada sinetron. hihi.
yapp. kadang aku berpikir.. waktu mama cerita2 ke aku tentang kebeteannya sama papa.. atau sebaliknya.. papa yang cerita ke aku.. tentang kebeteannya sama mama.. aku bingung.. ada apa sih ini? kenapa mereka kayak anak kecil? (padahal aku yg masih kecil ahaha)...kenapa ga mereka cari jalan sendiri2 aja. kalau emang udah ga bisa lagi buat bersama? ya kan? hal yang pernah juga aku bilang ke mama ini pun dijawab sama mama..
" mama sama papa udah berkomitmen, sayang. ga bisa semudah itu. kamu pikir adek2 kamu gimana??"
dengan bodohnya.. aku langsung merasa amat bersalah saat itu. amat. yahh. komitmen..
tapi masalahnya, itu ga cuma terjadi sekali dua kali. it happens like.. every week.
hingga akhirnya aku mendapatkan 'anugrah' kuliah di bandung. hmmm, beberapa dari alasan ku buat kuliah jauh adalah ini. pelarian.. i am so damn mean daughter. tapi.. yahh, karena mereka hepi banget waktu aku keterima di itb. yah aku juga dengan hepi melangkah ke bandung ini. dengan begini, mama pun ga bisa 'menulis buku curhat'nya tiap minggu.. well.. mungkin sebulan sekali lah. waktu aku lagi balik ke jakarta. lama-lama.. aku ngerasa itu udah mulai berkurang. mksudku.. curhatan mama jadi lebih ke kerjaannya di kantor. apalagi beberapa bulan terakhir ini. mama ga pernah lagi cerita yang aneh2 ttg papa. malah.. setiap aku pulang ke jakarta.. aku selalu ngeliat papa dan mama lagi asyik ngobrolin tentang akuntansi.. karena si mama baru di keuangan.. dan papa adalah seorang akuntan, jadi papa banyak ngebantuin mama. akhir2 ini..well. mungkin hal itu juga yang bikin mereka tambah deket. tambah sayang. sampai.. saat itu tiba.. ketika Allah menganggap bahwa waktu papa di dunia ini sudah habis.. dan dia harus kembali ke sisinya.. saat itulah mama mulai 'nulis buku curhatnya' lagi..tentang papa. tentang betapa dia sangat kehilangan. tentang betapa dia gatau harus konsultasi kemana lagi karena papa udah pergi. tentang betapa dia masih pingin ganti waktu2 yang dulu mestinya dipakai buat berbakti sama papa.. tentang papa. i cried. so loud. aku menyesal sekali dengan pikiran2 bodoh ku yang 'dulu sempet nyuruh mereka jalan sendiri2 aja' dan semacamnya. ira wulandari yang amat sangat bodoh!! dan disinilah aku melihat itu.
melihat tentang apa yang sering aku pikirkan selama ini. waktu papa masih sakit dan dalam kondisi kritis.. mama ga sejenak pun bisa tidur dengan tenang. ga sejenak pun bisa senyum dengan tulus. mama selalu mikirin papa. ngerawat papa. di samping papa. sampai akhir hayatnya. dan aku benar2 telah diberi jawaban akan pertanyaan2 tentang definisi true love selama ini. oleh sepasang laki-laki dan perempuan yang dimana aku dipercayakan oleh Allah untuk dilahirkan, dibesarkan, dididik. oleh orang tuaku. aku menemukan jawaban atas definisi true love ini. sejati. tulus. berkomitmen. itu yang bisa aku sedikit gambarkan tentang apa yang telah ku pelajari, ku hayati selama ini. aku senang.. karena aku yakin papa senang... karena sampai akhir hayatnya dia ditemani oleh true love nya.
aku juga ingin begitu.. punya true love.. yang menemaniku sampai akhir hayatku..

hah.. makanya sekarang aku suka bingung.. sama orang yang suka kawin cerai.. mereka melupakan tentang sesuatu hal. yang harus mereka jaga.. komitmen. saat mereka memutuskan untuk berkomitmen bahwa akan menjadi sepasang suami istri selamanya. mereka sudah tidak benar2 berkomitmen dalam hatinya. You know.. like.. only talks. kalau saja kita benar-benar berkomitmen.. mestinya kita harus bisa ngejaga itu.. apapun yang terjadi.. karena sebenarnya "a true love" itu lah yang ada dibalik kuatnya sebuah komitmen.
hmmm.. kayaknya aku udah bayak omong malem ini. have to go now..
well.. papa..thanks to you. to make my mom have you. to make me have you.
to us..to have you..pa, rest in peace yaa..

*God.please. give me a true love..
(nad.. mungkin ini yang dimaksud si danti..kamu harus berdoa dari sekarang.. minta diberikan...ya itulah..karena true love itu sangat berharga, jadi kita juga harus susah2 mintanya.. supaya kita bener2 dikasih true love. jadi mintanya dari sekarang) hehe

4 comments:

copii said...

hwaaa,raa,gilaaa.. lo tau kan gw nangis
pas baca ini,it's soo touching!

*lo berbakat deh nulis novel cinta2an,,hehe*

klo liat film cinta2an pasti gw mikir "ah,cuma di film,ga mungkin kjadian di idup gw!"
mungkin sbenernya kisah hidup org kaya di film2,tp kita aja yg ga nyadar.. kaya bokap-nyokap lo ra,, terjadi di real life kan..

jd klo kita sayang sama org dan udh komitmen ke dya lo harus jaga itu..jd harus konsisten antara perkataan,hati&tindakan..

*aduh,,gw udah mulai ngalor ngidul nih,,haha,,pokoknya intinya : i do believe in true love! hehe..

iraa said...

ya ampuun sofi.. hehe. ntar kalo gw nulis novel cinta-cinta an lo harus beli yah. haha..
*ciye yang udah mau kawin..

Anonymous said...

i do really believe in true love also raa
hehhe :)
*u know lh btapa berapi2ny gw soal ini

hehhehhehe
jd malu...lw bikin nama gw
;)

iyaa..emang susah
mungkin emg mintany harus drskrg
biar datangny d waktu yg tepat..
tp lg2 gw blom mulai berdoa ttg yg satu itu ra
hehhe

*gw salut ma nyokap lw..yg bs shidup smati ituemg keren bgt
gw pengenn

iraa said...

mudah2an kita semua dapet true love kita yg bisa sehidup semati ya nad..
amin