Sunday, October 24, 2010

graduation day and all of his friends

gak pernah terpikir sama aku bahwa aku akan banjir air mata hari itu. kupikir, hari itu seharusnya menjadi hari yang menyenangkan karena kami diwisuda dan seluruh acara itu dipersiapkan untuk kami. kami tinggal duduk, melihat performances, tertawa, makan, ngobrol2, foto2 (oh damn, ga sempet foto2 pas wisnite kemaren :< )

22 oktober 2010
hari ini adalah acara syukuran wisuda yang dipersembahkan oleh program studi teknik industri khusus untuk mahasiswa ti saja. acara dimulai jam 12.30 setelah solat jumat diadakan. seperti biasa aku yang tidak punya kosan sudah menginap di kosan tidi dari beberapa hari sebelumnya mengambil toga, tanda tangan ijazah dan sebagainya. semua seolah berjalan lancar, sampai pada pukul 9.43 si mama menelepon dan bilang kalo dia ga bisa dateng acara yang di prodi. dari nada suaranya dia amat sangat sedih, kasihan sama aku. tapi itu kasusnya dia udah di jalan, nyetir sendiri ke bandung ditemani si adik, dan udah kilometer 100 berapaa gitu. entah kenapa. aku kesal. keseeeeeel banget karena urusannya itu mustinya bisa ditangani kalo ngga si mama buru2 ke bandung (dari jakarta jam 7 pagi bok..) seandainya dia nunggu sampe jam 9 ajaa. pasti kejadiannya akan lain. di telepon terjadi percakapan tegang antara mama dan aku. aku kesel, mama sedih tapi emang bener-bener ga bisa dateng juga. mama bingung. aku masih tetep kesel tapi yaa mau gimana lagi.. akhirnya aku menangis.. hahaha. si tidi mau menemani.. berhubung sofi jg mama nya ga dateng.. jadinya ya udah deh.. acara ini tetap di datangi tanpa orang tua kami. makasii banyak tidi uda nemenin lhoo :)

23 oktober 2010
bangun pagi alarm di stel jam 3.30 tapi karena emang ngantukkkkk banget baru bangun jam 4 kurang deh. buru-buru mandi sholat dkk. udah stress karena janjian jam 5 pagi di salon tapi jam 4.45 masih belom siap berangkat. jam 4.50 udah di mobil. jam 5.10 sampe di salon. suasana sangat hectic. karena saat itu banyak banget orang yg masih ngantri. kata sofi, "gila ra, ini yang janjian jam 4 aja masih belom didandanin.." udah pada panik takut telat, atau kah harus ganti salon. tapi mau ganti ke mana semua pasti udah penuh. si mama udah panik juga. bikin aku jadi tambah stress.. sampai terjadi insiden kebaya yang tiba-tiba ga muat padahal 3 hari sebelumnya masih muat. eh ternyata bisa muat ding.. setelah ada beberapa atribut yang dilepas.. okay, disaster dimulai. jam 5.30 aku juga belom didandanin. ga jelas antriannya masih berapa lama lagi. mama harus sampe sabuga tempat wisuda jam 6.30 karena biar dapet kursi di dalemnya. kan sayang kalo ga dapet kursi di dalem auditoriumnya. mama panik. aku panik. semua panik. akhirnya diputuskan, udah mama duluan aja ke sabuga, aku naik taksi. pesen taksi buat jam 7. tapi sampe jam 6.30 belom dapet kabar taksi nya udah pasti ada atau enggak. si mama udah harus berangkat tapi dia ga tega juga ninggalin anaknya yang terhuyun2. ohyaa. akhirnya aku sudah mulai didandanin. jam 7 kurang 15 si mama kusuruh aja duluan ke sabuga. sambil berdoa taksinya beneran bisa ada. thanks God. taksinya jam 7 sampe. jam 7 lebih 15 atau 20 gitu akhirnya kita mulai berangkat. oh ya. pintu sabuga ditutup jam 7.55 panik mode on banget kan tuh. sofi dan aku udah gregetan karena di jalan macet banget *ya iyalah* akhirnya jam 7.45 kami memutuskan jalan dari pertigaan ke gedung sabuga. meen, itu pake selop high heels dan kain yang membuat kami semua sulit jalan apalagi berlari. jam 7.50 kita udah di gedung sabuga dengan kaki yang mau copot dan muka makeup yang keringetan. poni basah. oh disaster banget. akhirnya sofi yang berhasil ketemu papanya (fyi, tiket masuk papanya ketinggalan di sofi. panik banget kan tuuh), jam 7.53 kita pun masuk gedung. okaaaay. abis kita masuk pintunya langsung dikonci. pake rante. meeen pake rante. dengan menwa2 dan protokolers yang udah menjaga. beberapa wisudawan masih ada yg belom dateng, masih parkirlah, masih jalan lah. hectic banget waktu itu. tapi cukup sampe situlah hecticnya. acara dimulai jam 8 pagi dan kita semua duduk dengan manis. :)

setelah sidang terbuka di sabuga resmi ditutup oleh pak rektor. kami pun bergantian foto dengan rektor. dan lamaaaa banget ngantrinya karena emang banyak sekali yang diwisuda.. ampe 1800 an. sambil menunggu giliran foto bersama rektor itu. aku makan, foto2 dengan teman, duduk-duduk bengong, ketemu sama temen-temen jurusan lain, dan sebagainya dan sebagainya. setelah prosesi berfoto selesai mulailah arak-arakaan ke seluruh kampus dilakukan. berhubung habis hujan di luar jadi tanahnya becek-becek gitu. ternyata arak-arakannya capek sekali lho yaa. pegel.. ada acara lempar topi dan menerbangkan balon. akhirnyaa selesai juga acara siang. itu udah jam 5 sore. dan kita semua kelaperan, jadi beli makan dulu, baru pulang untuk siap-siap ke acara malem.

berangkat sekitar pukul 8 malem ke tempat tujuan. sampe di tempat acara malem kita langsung makan malem. enaak. :) dan acara pun dimulai.
aku gak bergerak-gerak dari korsi selama acara malem, karena emang bener-bener pingin ngeliat seluruh performances dengan seksama. and all those performances, should i say it.. the best performances from them ever !!!! makasih banget buat 2007, 2008 dan 2009.

dan performances pun ditutup dengan video persembahan dari temen-temen 2006 lain yang belom bisa ikutan wisuda oktober. okaaay disitulah titik titik air mata mulai berjatuhan. sedikit. usap. okay. sedikit. usap. okay. setelah video tersebut selesai, mulailah acara renungan dilakukan. semua yang mau ngomong.. ngomong lah disitu. aji nangis.. yeaaah dia beneran nangis.. dan itu juga jadi bikin aku sedikit nangis. kemudian yang lain dengan berbagai bentuk ucapan terimakasihnya dan pesannya juga sedikit banyak bikin mata ini ada airnya lah dikit-dikit. puncaknya ketika pelantikan anggota luar biasa mti. ditutup dengan fireworks. woow. sweet surprises from panitia. bagus banget.. mahal tuu kembang apinya pasti. bagus bangettt.. abis itu kita semua salam-salaman dan saling berpelukan satu-satu.

disitulah aku tidak kuat. betul-betul tidak kuat. mereka semua pada nangis. bahkan chindy yang ga pernah nangis kalo ada film yang touchy.. saat itu pun menangis. ya gimana aku ga nangis jugaa. semua sedih, semua nangis. apalagi ketika berpelukan dengan teman-teman yang pernah mengisi.. membantu kita.. dan menyadari bahwa kita ga akan bisa seperti dulu lagi.. bobo bareng sambil cerita-cerita.. ngerjain tugas bareng.. berjuang bareng.. oooohhh :'(

yaah. begitulah... hari wisuda yang penuh dengan air mata. kebahagiaan. kehectic-an. kekesalan. tapi hari itu akan selalu diingat. ga cuman hari itu. tapi hari-hari selama 4 tahun kuliah yang sangat berkesan.

lulus dari itb. ada banyak kehilangan. ketakutan. kelegaan. hidup masih panjang, dan ini cuman 4 tahun dari entah berapa tahun umurku nantinya. yang jelas, 4 tahun ini telah banyak memberikanku pelajaran dan kesempatan untuk membuktikan diri sendiri bahwa aku bisa melakukan hal-hal yang tadinya belum pernah kulakukan.

untuk semua yang betul-betul ga bisa kusebut satupersatu. terima kasih banyak ya..
:')

2 comments:

Cici said...

haha, iyaa raa pagi2 gue jg panik, gue janjian salon jam 6 tp baru jam 6.30 didandanin, zz bener deh..
gue jg ga ikut acara malam smp selesai, huhu gue sakit sih.. kl mo liat videonya, dimana ra?

iraa said...

video apaa nih cii? video acara malem itu gw gatau siapa yg nyimpen.. gw jg pingin punya. mungkin tanya kurnia kali yaa..

lo sakit apaa cii? aduuuh cpt smbuh ya ciciiiii :*