Wednesday, April 22, 2009

feeling, mind, and...(do you see anything else?)

How about this..

berhubungan sedikit dengan posting ku sebelumnya..tentang betapa perasanya seorang perempuan.. betapa sensitifnya dia.
Di lain pihak, betapa cowok cowok selalu memakai logikanya dia untuk memutuskan sesuatu.. selalu pakai pikiran..
buat aku, there's something..beside those mind and feeling. Sesuatu yang bisa menjadi penolong kita..bisa juga sebenernya jadi tools buat mendukung keputusan kita.. (-yeah rite..! like the SPK pril..). Dan sesuatu itu adalah intuisi. Yep, your intuition. or, some people call it instinct..

Oke, jadi menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia), intuisi itu adalah 'daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari' istilah lainnya bisikan hati. Sementara insting menurut KBBI adalah 'daya dorong utama untuk kelangsungan hidupnya.'(seperti rasa takut, rasa untuk berkompetisi), simpelnya dorongan bagi manusia untuk bertindak tepat secara tidak sadar,hmm bisa juga disebut naluri..

Well, sebenernya menurut ku, kedua hal tersebut sama-sama memberikan kita sebuah Daya..sebuah dorongan. Selanjutnya karena bantuan dua hal itulah kita akhirnya bisa memutuskan atau akhirnya take action. Buat aku, intuisi ini sering banget nolong kita, atas sesuatu hal yang sifatnya pilihan. Keputusan, terkadang kita sering tiba-tiba memilih untuk melakukan sesuatu hal yang mungkin kalau kita pikirkan dan kita rasa-rasain bakal butuh waktu bertaun taun.. tapi dengan mempercayai intuisi kita, zinkk...seketika kita sudah memutuskannya. Intuisi ini dimiliki sama setiap orang, kadang-kadang Tuhan juga ngasih petunjuk ke kita lewat intuisi kita.. Hanya saja, intuisi ini sering banget diabaikan. Aku juga sering mengabaikannya. Padahal, buat aku, dibanding harus percaya sama perasaan atau pikiran kita.. yang terkadang dua-duanya sering ga kekontrol..kita harusnya percaya sama intuisi kita.
Begitu hebatnya peran intuisi dalam kehidupan kita,,trus kenapa dong kita sering ga sadar kalau kita sudah berintuisi?? Menurut aku, karena kita tidak terlatih untuk menggunakan intuisi kita. Kita lebih sering menggunakan perasaan dan pikiran kita dalam kehidupan. Thats why, kenapa kita jarang menggunakan intuisi.. Sebenernya asik juga yaa kalau ada suatu hal yang bisa mengasah intuisi kita, supaya jadi lebih sering kita gunakan dengan mudah. *mungkin dengan religion..yeaahh, banyak orang yang jadi lebih suka berintuisi saat dia adalah seorang yg relijius. Dan ini pernah juga aku alamin... :)

Dan mengenai insting, ini lebih ke daya dorong kita untuk bertindak menyelamatkan diri karena kita mencium adanya bahaya. Kata insting sering dipakai dalam dunia hewan/binatang. Karena emang kita gatau pasti apa mereka punya perasaaan..dan mana kita juga bisa tau apakah mereka memakai otak mereka untuk berpikir?? Mostly, dalam dunia mereka..mereka menggunakan insting.. Yah, kita juga bisa gitu. Misalnya kt merasa ada gelagat yang ga beres..cemas atau apapun yang bikin perasaan kita ga enak akan sesuatu atau seseorang, bisa jadi akan terjadi sebuah bahaya atau kejahatan disitu. Buat semua yang belajar bela diri. Insting menjadi sesuatu yang sangat diasah disini. Insting akan adanya bahaya menjadi sangat tinggi buat mereka..(that's why, dulu aku pingiiin banget belajar bela diri. cuman ga sempet.dan gatau juga mau belajar sama siapa.)
Menggunakan insting, menjadi sangat penting saat itu berhubungan dengan kebahayaan kita. Tapi tetap saja, insting inilah yang membantu kita untuk memutuskan apa yang akan menjadi tindakan kita nantinya..

Aku sering banget banget bertanya sama diriku sendiri, kenapa aku memilih untuk menjalani ini semua. Semua bisa aja ga kayak gini, tapi kenapa aku melakukan ini? Sekolah di bandung, ambil jurusan ini, menjadi anak baik, dan lain lain dan bla bla bla. Akhirnya aku sadar, bahwa inilah intuisi ku. Untuk menjalani ini semua, aku ga pake pikir..aku ga pake perasaan..tapi ini intuisiku. Well, aku bisa menggunakannya!! tapi, waktu aku menggunakan intuisiku, aku ga sadar. Dan mungkin banyak lagi sesuatu yang kuputuskan tanpa berpikir dan tanpa pake perasaan. Its just my intuition.. Hmm, aku jadi tertarik, sama bagaimana caranya untuk mengenal intuisi kita. mengelolanya dengan baik dan memanfaatkannya dalam mengambil keputusan dari pilihan-pilihan hidup yang complicated dan dilematis.

Walaupun aku ngerasa beraaat banget buat ngejalanin ini semua, tapi saat aku mutusin ini, aku tau bahwa ini baik buat aku. hope so. Lets prove it..prove my intuition. prove ur intuition.
SO, saat pikiran-pikiran gila kamu nyuruh kamu melakukan hal aneh-aneh, atau perasaan-perasaan kacau kamu meminta kamu melakukan hal yang keluar batas. biarkan lah intuisi kamu keluar, dan membimbing kamu..ke arah mana harusnya kamu melangkah..

heuheu..
Jadi jangan sepelekan intuisi dan insting kamu. Kamu harus mempercayai bisikan dari diri kamu sendiri. Oke..?? karena pertolongan itu bisa dateng darimana aja..termasuk ya dari diri kamu sendiri..

5 comments:

Prilla P said...

well maybeee... tapi kadang gw ga sadar sama instinct gw... atau intuition... mungkin karena its different from mind and feeling ya? serius deh, kayanya gw jarang ngerasain instinct gw..?

iraa said...

*hmm,coba tanya sama si 'mbah'
mungkin dia tau..
*mempertajam insting tuh caranya latian bela diri..kalo intuisi..gatau deh gw juga..huhu

Anonymous said...

gw kira instinct = binatang
bwat manusia itu namanya feeling

well gw percaya sii sama yang kayak begituan.gw pernah alami n gw abaikan..ga twnya gw jadi kecelakaan...tp akhir2 ini gw suka salah..udah ga tajam lagi nampaknya :p

**terinspirasi ama post ny upi ya ra?
ira mw baca punya sugiono dong :D

iraa said...

*hahaa,,insting itu emg yg dipake binatang naad...kita juga punya ituu tapi.

hahhaa,,gw ga terinspirasi upi kok..emang ini udah lama pingin gw post..waktu itu gw pernah ngomongin ini sama prilla..hehe..tapi emg baru sempet ngepost ajaa.

*mau baca sugiono? hmm,dia lagi sbuk bgt nad. udah ga oke lagii blog nya..mending lo baca punya upi aja dah..

iraa said...

HOHOHO. terimakasih nadskii..
hmm
hmm
*farah ampe bilang gini:
kenapa si ra semua yg ada kustomisasi nya lo kustomisasi..
haahaha
kenapaa yaa kalo dipikir2..hmm mungkin karena gw suka aja..melihat itu..alhamdulillah ya Allah..aku diberi mata yg sehat..walaupun rabun jauh..tapi masih bisa melihat..