Sunday, March 8, 2009

what the hell is 'adidas' doing?

okay, aku shocked banget waktu melihat ini di sebuah restoran di seblah sambara..
hemm

is it really adidas? i mean that sporting line adidas.. i dont know either.
hmm itu tulisannya adidas, 20, filter cigarettes. cigarettes.
I MEAN cigarettes. keluaran adidas. yg juga bikin baju2 olahraga. yg keluarin sepatu olah raga.
hoho hoho hoho. jadi bingung sebenrnya apa visi misi adidas.
di web nya aku langsung disuguhi oleh kata0kata seperti berikut:

We strive to be the global leader in the sporting goods industry with sports brands built on a passion for sports and a sporting lifestyle.

oke.. passion for sports and sporting lifestyle.. hmmm hmmm,,lalu aku cari-cari lagi masih di web nyaa masi penasaran sama kelakuan dia...

We are a global organization that is socially and environmentally responsible, creative and financially rewarding for our employees and shareholders.

liat kann.. socially and environmentally responsible.
kalo emang udah mau berbisnis di bidang olah raga..yang tujuannya adalah tentu saja supaya sehat. ya kan..olah raga buat sehat kan? apa jangan2 olah raga supaya keren? atau olah raga buat nyari duit? atau olah raga buat apa sih sebenernya..

ini udah ga dimasuk akal. ga ngerti kenapa bisa jadi gini..aku jg udah search di webnya dengan keyword filter cigarettes tapi ga nemu apa2. mestinya aku beli aja tuh rokoknya.. trus aku liat apa emang itu beneran adidas yang ini. the global sporting line.OMG. gilee.tapi meskipun ternyata ini bukan adidas itu. mereka mengeluarkan produk dengan nama adidas..yg notabene udah punya hak perlindungan hukum tersendiri atas namanya. jadi masa ada si yang berani-berani ngeluarin rokok..dengan nama adidas. atauuu ini emang bener adidas.
walaupun ini ada tulisan filternya
ttep ajaa.. ini tuh rokok, yang berbahaya bagi kesehatan
yang bikin paru-paru jadi rusak. ahh semua jg udah tau kan bahayanyaa

atauuu
mungkin ini strategi adidas. untuk ngeluarin rokok juga. trus ngeluarin produk2 buat olah raga..
biar orang2 pikir..hemm gapapa dong merokok..toh saya juga akan semakin rajin berolahraga
biar ga penyakitan.. dan saya akan semakin rajin membeli barang-barang adidas untuk mendukung saya berolah raga. yippie...!!

aduhh aku bingung. apakah benar ini adidas. apakah benar itu rokok filter keluaran adidas?
kenapa sih adidas melakukan itu. kenapa dia gak konsisten sama apa yg dia bilangin. dia kan udah menyebutkan bahwa dia itu social responsible. lahh apakah tindakan dia dengan mengeluarkan filter cigarettes ini merupakan sesuatu hal yang bisa dipertanggungjawabkan?
atauu mungkin adidas emang ga ada maksud untuk make the earth healthy. ya udah..cuman ngeluarin barang2 olah raga. ya udah ga lebih dari itu..
ck
ck
ck ck

hhhh

*walaupun aku lebih masih bisa menerima orang2 yang merokok daripada orang2 yang minum2 alkohol. tapi tetap saja. kelakuan adidas ini bikin aku mikir, apa sih maunya adidas?????????

8 comments:

fannymaucurhat said...

huaaa....

i lost track of your blog and any other blogs! huaa... i got to start bloging again!

iraa said...

kekekekee..lo ttp blogging kok
tapi isinya curhat semuaa
hyayylooohh

mana sini sini kangen gw baca blog lo
:D

btw, thanks yaa tadi :)

Anonymous said...

hmm...as i told u
gw rada ga percaya klw itu brand adidas asli..wlwpn prilla prnh blg k lw klw dya prnh dnger adidas ngeluarin rokok ttep aj gw ga percaya ra...
mnurut gw sii itu tangan2 jahil manusia indonesia yg klewat kreatif jdny ngemalsuin brand adidas
percaya?

iraa said...

hemm ya iya jg si nad..
tapi ini pemalsuannya ga tanggung2..
seriuss deh.gw penasaran bgt siapa yg malsuinn
hihi

Anonymous said...

katanya prilla ra:
"gw ga pernah bilang klw gw pernah denger adidas ngeluarin rokok. yg gw bilang ke ira..gw tw ada rokok adidas yaa dari nasi bancakan"
gituu ra
intinya...sepertinya emnag diplslukan..bukan adidas benran
hehe

*lah?lw baru nyadar orang indonesia sbnernya emang pinter2 n kreatif bgt..cuma sayangnya sering dengan cara dan dalam hal yang salah

iraa said...

kata farah anisa:
emang adidas ngeluarin rokok.
rokok kan sehat ra.

*oke bukan kalimat kedua yg dipermasalahin nad..tapi KALIMAT PERTAMANYA!!! astaga. adidas gila. hee

Marketing Insight said...

Gw kebetulan a smoker, jadi waktu tadi liat rokok adidas di warung gw putusin untuk beli satu. Cukup mengejutkan karena bandrol harganya 15rb atau 4 rb lebih mahal dari Malboro. Sebuah penetapan harga yang sangat2 berani (kl gw bilang nekat sih) mengingat market share untuk rokok putih itu masih dikuasai oleh Marlboro.

Moreover, gw penasaran siapa produsen rokok ini kok berani pakai merek sport apparel yg secara logika tidak mungkin keluarin produk rokok karena bakalan merusak image mereka.

Ternyata si pabrikan adalah PT. Sumatera Tobacco Trading Company. Berdasarkan riset di internet ternyata mereka sudah mendaftarkan banyak merek2 terkenal di luar negeri di indonesia atas nama mereka(http://www.hukumonline.com/detail.asp?id=7176&cl=Berita). Gw ngak tahu banyak tentang hukum indonesia, tapi menurut perkiraan gua mereka memanfaatkan kelemahan UU permerekan. Karena meskipun tipografinya sama tapi logo 3 stripesnya berbeda. Dan berdasarkan UU merek tahun 1961 tidak punya sistem untuk menghindari kasus seperti itu.

Menurut gua kalau itu bener yang terjadi secara legal (indonesia) memang PT. STTC tidak salah tapi kalau dari sisi etika sepertinya kok kurang pantas. Dan seakan2 orang Indonesia itu seperti tukang tiru dan tidak kreatif. Padahal rokok2 lokal seperti Djarum & Gudang Garam sudah di eksport di luar negeri dan jangan salah harganya bisa 3 kali lebih mahal daripada Marlboro

iraa said...

wow, Marketing Insight!
thanks atas infonya, sekarang gw jadi tau siapa produsennya dan kenapa bisa gitu.
tapi soal harga, gw rasa dengan mereka pake merk ADIDAS itu, mereka nekat, karena kebukti kan orang pasti penasaran dan akhirnya buat smoker mungkin malah mencoba membeli..

fiuhhh tapi yang penting ternyata itu bukan dari Adidas langsung, dan bisa aja Adidas sendiri gatau kalau merk dia dijadiin rokok. Bisa jadi kaaan, wong ga ada cek dan ricek dari KPM.. tapi hal ini bisa membahayakan banget, STTC bs aja dituntut kalo emang bener adidas sebenernya gamau ngeluarin rokok. dan juga, STTC ga mikir banget ya, ngeluarin rokok tapi merk yang dia pake merk sporting gitu.