Friday, March 27, 2009

why? why? why? why? why?

5 why!!
gila. waktu aku tahu tentang bencana situ gintung, aku langsung mikir. ya TUHAN lagi lagi lagi lagi dan lagi. kenapa sih kenapaaaa? kenapa orang indonesia itu ga pernah mikirin tentang kualitas? kenapa harus ada kejadian heboh bencana yg menewaskan banyak korban kayak gini dulu baru deh dipikirin tuh kondisi bendungan situ gintung yang konon sudah ada sejak jaman BELANDA. gila. jaman BELANDA?? tanpa ada renovasi atau apa kek gitu biar bikin tuh tanggul tetep berperforma optimal. aduh!! memang sih, kalau ini sudah suratan takdir apa mau dikata. tapi begini, masalahnya adalah aku jadi bingung kenapa bencana akibat ulah manusia nya itu banyak banget terjadi di indonesia? kenapa orang indonesia gak peduli sama perbuatan-perbuatan itu? kenapa mereka gak mau melakukan segalanya sesuai dengan SOP dan sesuai dengan yang seharusnya? kenapa mereka sangat malas? kenapa mereka ga mau usaha dikit gitu? KENAPA MEREKA TIDAK MEMERIKSA KONDISI BENDUNGAN ITU SETIAP PERIODE??? LALU MEMBUAT AKSI/STRATEGI JIKA MEMANG HARUS DIPERBAIKI.......*harusnya saya gak pake kata mereka. tapi kita. karena saya juga orang indonesia walaupun sejuta teman saya bilang saya ini orang korea lah orang hongkong lah orang taiwan lah tapi saya sejujurnya tidak pernah singgah dari bumi indonesia ini.
kasihaaan banget. pagi-pagi buta. subuh2. disaat korban korban berjatuhan itu mereka kan rata-rata lagi pada tidur. since itu katanya jebol jam 2 atau jam 4 pagi. huhuuu.. mereka mana sih kepikiran, kalo tiba2 adaa arus air besarrrrrr banget. yang bisa bikinn mobil2 mereka tiba2 ada di atap lah. atau tiba2 semuanya jadi hanyut. ya TUHAN....
ini harusnya jadi pelajaran yang sangat berhargaa...
atau sekali lagi..
kita hanya cuman bisa berkasih-kasihan lalu berdoa buat para korban tewas luka dan korban yang lainnya supaya diberi ketabahan, diterima di sisi-NYA. lalu setelah itu kita kembali lagi ke jaman jahiliah tanpa berubah dan tidak melakukan apa apa. GILA.
masalahnya di jabodetabek dalam kurun waktu beberapa bulan terjadi bencana yang akibat human error nyaa.. inget kan waktu salah satu tempat penampungan bahan bakar di pertamina meledugg.. oh GOD. itu kan nyeremin banget.

hhhh.... dan kebanyakan yaa.. itu tuh pemerintah deh yang ngaco. masalah pertamina itu kan perusahaan pemerintah. trus yang masalah bendungan ini kan juga wewenangnya pemerintah juga. banjir juga. aduh apalagi coba. emang nii pemerintah kerjaannya sangat tidak memperhatikan kualitas. kebanyakan orang cuman mau enaknya doang. lupa ama kewajiban dan apa yg seharusnya mereka lakukan. sementara orang-orang indonesia yang punya kualitas tinggi merasa bahwa mereka ga bisa kerja dengan orang-orang indonesia yang berkualitas rendah, lalu mereka cauww ke luar negeri atau ke lingkungan yang banyak orang non indonesianyaa..yang emang kebanyakan mereka berkualitas tinggi. dan kondisi indonesia akan semakin dan semakin runyam. heuheuheu..
mungkin ini tuh harus ada revolusi budaya kerja orang indonesia.
yang diubah ya sejak mereka mengenyam pendidikan pertama.
dari lahir, dari tk, sd, smp, sma dan selanjutnya... harus ada revolusi budaya kerja bagi orang indonesia. harus ada kesadaran tentang pentingnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. tentang pentingnya melawan kemalasan dan bersikap profesional.

haduhhh..sebenernya kalo ngomongin pemerintah bisa jadi banyakkk banget yang jadi pertanyaan aku. banyak banget tulisan aku. tapi ya sudahlah yaa.. aku juga merasa ga layak buat nge kritik mereka sebenernya.. karena aku bukan orang yg sempurna juga.. tapi..
masalahnyaa... aduhhhhh... ntar deh kapan-kapan ngebicarain ini lagi..

yang jelas, hal-hal seperti ini harusnya jadi pembelajaran.
mau gak sih kita melihat kehancuran ini ada di masa kita?
mau gak sih kita menjadi manusia jaman akhir?
aku sih gak mau.. makanya walaupun memang kehancuran dunia semakin dekat. tapi jangannn dong..jangan pas jaman kitaa. lakukan usaha apa lah gitu untuk mencegahnya. memperlama jarak waktu antara sekarang dan kehancuran dunia itu.. huhuhu
intinya apa ya?
hmm
1. jangan malas
2. lakukan sesuai dengan SOP, dan adakan juga evaluasi SOP sesuai dengan perkembangan kondisi existing
3. profesional
4. selalu berdoa

ada tambahan?

3 comments:

Anonymous said...

ralat: setau gw kejadian adalah setelah adzan subuh sebelum matahari terbit

kalau kata nyokap gw:
"setiap kejadian ada hikmahnya..itu emang bukan salah penduduk sekitar makanya mereka jadi korban..tapi kalau aja mereka bangun waktu adzan subuh dan langsung sholat...mereka (yang hanyut) mestinya bisa terhindar dari kejadiaan naas tersebut"

kinda setuju ama nyokap..and setuju juga sama lw tentang pemeriksaan setiap periode..
itu juga yang gw pikirin waktu denger bangunannya dari jaman Belanda...Hell..kemana yaa itu perawatan bangunan?masa ga nganggarin biaya untuk perawatan sii?

dan..jangan lupa perubahan fungsi waduk dari konservasi air menjadi tempat rekreasi lho...itu menyebabkan pendangkalan katanya..makanya waktu hujan BESAR datang waduk udah ga sanggup buat nahan lagi (selain emang si bangunan waduknya ga dirawat lagi)

tidak adanya tanggapan pemerintah setempat atas keluhan warga (sejak DUA tahun lalu) mengenai kondisi waduk benar2 mencerminkan PEMERINTAHAN indonesia yang TIDAK dari rakyat dan BUKAN untuk rakyat...mana itu katanya pemerintahan yang mendengar aspirasi rakyat?

melalui comment ini:
gw turut berduka cita sedalam2nya..semoga kejadian ini ga terulang lagi dimanapun itu (terutama indo)
bwat mamam: semoga lw dan keluarga tabah ya mam...


**gw rasa ini comment terpanjang gw bwat blog lw ra hehe :)

iraa said...

bener banget nad. sangat panjang udah jadi deh ini satu postingan blog sendiri nad!!! kekeke

hmm, gini nad. si waduk itu benr2 pertama kali pecahnya jam 2 menurut sumber yg gw dapet di inet, trus mungkin sekitar jam 3/4 an baru deh tuh arus air menghantam perumahan penduduk.. gatau juga gw...

cuman nad, yg bukan islam gimana? mereka kan emang ga solat subuh. atau yang lagi dapet???? kan mereka juga ga solat subuh!!! still kejadian tsunami kecil ini bener2 gilakkk banget menurut gw..
soalnya ini tuh bener2 murni human error naaad!!!!
parah banget
tadi gw liat di berita dong!
gubernur banten dan gubernur dki saling melempar tanggung jawab atas terjadinya musibah ini dong!! sempet2nya. intinya mereka bedua salah! mereka bedua kan pemerintah indonesia! dan yg salah yg pemerintah indonesia!!
hehhe
panjang juga kann balesannya nad

Anonymous said...

okee..ga gw bahas yaa kejadianya jam brapa karna gw pun ga tau dari sumbernya langsung

kalau soal lempar tanggungjawab... yaa wajar aja.. situ gintung itu kabupaten baru ra.. ga punya dana sama sekali buat menangani perawatan ataupun buat korban bencana sekalipun... jadi ya wajar aja banten ngelempar tanggungjawab.. sementara dki ngerasa itu bukan daerah nya lagii

byasalah pejabat indo.. bisanya cuma seneng2 aja.. ngambil duit rakyat. giliran dikasi tanggung jawab mikirin rakyat emoh... padahal kan itu kewajiban mereka

haha *ketawa ironis*